Treatment Pencegahan BS (Bladder Stone) pada Iguana - Ngingon.blogspot.com

Treatment Pencegahan BS (Bladder Stone) pada Iguana

Halo Ngingoners di Artikel Kali ini Ngingon Akan Membahas dan Memberikan Saran Treatment Pencegahan dan Pengobatan Bladder Stone untuk iguana kesayangan anda.

Tapi Sebelum itu kita Bahas terlebih dahulu pengertian dari Bladder Stone atau BS, BS adalah sebuah pengendapan Kalsium yang tidak tercerna oleh Iguana, Pengendapan BS biasanya terjadi bulanan hingga tahunan, Anda dapat melakukan Pencegahan BS jika anda merawat iguana anda dengan baik dalam jangka panjang atau tahunan / minimal 1 tahun ke atas.

Anda Pernah melihat poop atau kotoran iguana anda yang seperti cairan putih pekat? Itu adalah salah satu penyebab BS yang telah lama mengendap dalam perut iguana.

Kadang-kadang saat anda membersihkan kandang iguana anda juga akan menemukan cairan putih seperti kapur lengket yang mengendap di kandang dan sulit untuk dibersihkan (Seperti urin ular besar) itulah yang merupakan hasil dari limbah pencernaan sisa zat besi, fosfor, dan kalsium yang telah mengkristal.

Bentuk BS (Bladder Stone) saat di keluarkan

Biasa nya iguana yang terkena BS terdapat sebuah benjolan kecil yg keras seperti batu yang terletak berada pada saluran Urinary (Kencing), tetapi tidak bisa di pungkiri BS juga bisa berganti Posisi karena Fleksibel.

BS Bisa di Kiri maupun Kanan, karena Anatomi lambung ada di Kiri ( Saat Terisi Makanan) jadi dapat di simpulkan saluran urinary nya Bergeser ke kanan atau bisa juga Bergeser ke dekat Panggul Iguana (pada bagian tengah).

Biasa nya Iguana yang terkena BS adalah iguana yang berukuran besar sekitar 140cm+, Iguana yang rentan terkena BS ialah iguana yang masih remaja / iggy juve yang kekurangan asupan air dan kekurangan asupan makanan dalam bentuk buah-buahan yang mengandung air, bisa juga karena iguana jarang bergerak, kurang aktif, dan diet makanan yang tidak sehat, pada dasarnya  semua makanan apapun sangat disukai iguana, selama asupan mineral / air masih tersedia. Buah-buahan yang mengandung air bagus untuk iguana yang sedang menjalankan treatment ini.

Berikut Beberapa Cara Treatment Mencegah BS (Bladder Stone) bagi iguana yaitu:

  1. Disarankan Rendam iguana dengan Air Hangat setiap pagi.
  2. Berikan Buah-buahan yang mengandung serat seperti pepaya, jika iguana tidak mau makan anda juga dapat membuat jus dari buah tersebut kemudian Spet ke dalam mulut Iguana, Campurkan juga VCO sekitar 10ml. 
  3. Jika Anda Berpikir iguana anda membutuhkan obat tambahan, anda dapat memberikan iguana anda dulcolax / sejenisnya takaran 1 butir di bagi 3, untuk 1 minggu 3x pemberian saja. 
  4. Jangan memberikan Dosis lebih dikarenakan akan membuat sistem kerja lambung dan usus iguana melemah. Biasanya dalam 1 minggu BS akan pecah dan keluar. Dan Anda dapat mengulangi perawatan Treatment VCO saja untuk penanganan selanjutnya.

Untuk Iggy / Iguana dengan ukuran kecil atau kurang dari 1 meter anda tidak perlu khawatir karena BS (Bladder Stone) biasanya terjadi pada usia di atas 2 tahun, dengan ukuran sekitar 1 meter atau lebih.

Untuk Iguana yang lebih Tua di atas 6 tahun sampai 10 tahun kadang-kadang iguana mulai jarang makan, tetapi itu normal, berikan saja 2 hari 1 kali campuran makanan atau buah-buahan dan sayuran. Cobalah perbanyak berikan buah untuk iguana, karena sistem pencernaan Iguana Tua tidak sebaik dan sebagus Iguana muda.

Pencegahan BS (Bladder Stone) pada iguana lainnya dengan Cara memberikan Iguana buah-buahan yang mengandung banyak Air sekali seminggu atau 2 kali seminggu, Anda juga dapat memberi iguana air minum di kandang (kadang mereka tidak meminumnya, tetapi terkadang mereka minum dari air saat mandi / hujan) Anda juga dapat menspet kedalam mulut iguana Sehari 25ml / 2 sampai 3 kali satu minggu.

Berikut ini 2 metode Pengobatan BS (Bladder Stone) tanpa Operasi Bedah yaitu:

  1. Dengan cara Alami yaitu dengan memberikan Iguana pakan yang banyak mengandung Mineral, Tentu nya cara ini tidaklah mudah dan membutuhkan waktu yang sangat lama
  2. Operasi Tanpa Pembedahan (Operasi dengan Cara di Laser/Jet), Tapi tentunya dengan Cara ini membutuhkan biaya Tambahan yang tidak murah.

Itulah beberapa Treatment Pencegahan dan Pengobatan BS (Bladder Stone) untuk iguana kesayangan anda. apabila Sobat Ngingon ingin Menambahkan Saran, silahkan Sobat Tambahkan di kolom Komentar di bawah ini, Terima Kasih.

2 Komentar untuk "Treatment Pencegahan BS (Bladder Stone) pada Iguana "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel