Cara Cepat Menjinakan Iguana untuk Pemula - Ngingon.blogspot.com

Cara Cepat Menjinakan Iguana untuk Pemula

Pada postingan pertama ini Ngingon akan memberitahukan Proses dan Cara Menjinakan Iguana yang Jumpy dengan cepat, namun sebelum ke topik pembahasan kita simak bersama-sama terlebih dulu Penjelasan tentang Proses Taming atau Penjinakan Iguana bagi Pemula di bawah ini.

Cara Menjinakan Iguana untuk Pemula

Tips menjadikan iguana sebagai Hewan Peliharaan


Bagi kita yang hanya Seorang manusia biasa tentu membutuhkan banyak waktu yang sangat panjang, tidak hanya mengorbankan waktu namun anda juga harus mengorbankan tenaga, pikiran dan bahkan seringkali anda juga harus mengorbankan darah, jika anda tergigit oleh sang Iguana Hehehehee..

Semua pecinta Iguana pasti telah mengalami tanda Cinta atau Bekas Luka Perlawanan dari cakar, gigitan, sabetan ekor dari Sang Iguana pada saat proses Taming maupun Aktivitas saat memberi makan biasa.

Taming atau Proses Penjinakan adalah suatu keharusan dalam proses penjinakan iguana untuk iguana dewasa. Mulailah dengan sesi singkat, menyentuh dan bicaralah dengan Iguana selama 20-30 menit setiap hari.

Perlu di ketahui sebelum mulai menjinakkan iguana Anda di harus kan untuk tidak terburu-buru, jika diibaratkan sama seperti sedang mendekati seseorang yang di suka, mengambil hati seekor iguana tentu nya membutuhkan waktu dan tahapan tertentu. Namun bagi saya justru tahapan-tahapan inilah yang akan membuat Anda lebih dekat dan sayang pada sang Iguana.

Langkah yang perlu dilakukan Saat Merawat Iguana


1. Memelihara Iguana dari Baby / Bayi

Iguana akan lebih mudah jinak ketika anda merawat nya pada saat masih bayi, meskipun menjinakkan iguana dewasa bukanlah Hal yang tidak mungkin tetapi sangat dianjurkan untuk merawat mereka saat masih bayi. Hampir mirip dengan hewan peliharaan lainnya, Bond atau bisa di bilang ikatan antara hewan peliharaan dan Owner mereka akan lebih kuat jika mereka tumbuh dan besar bersama.

2. Menyiapkan Tempat yang Nyaman untuk Sang Iguana

Iguana anda akan merasa bahagia saat tempat tinggal mereka terasa aman dan terasa nyaman bagi mereka. Hampir sama dengan manusia, hewan juga bisa membuat Bahagia dan betah tinggal. Jika iguana telah bahagia, Maka andapun merasa lebih nyaman ketika ingin berinteraksi dengan Si Iguana apalagi menjinakkannya.

Siapkan kandang terarium yang sama seperti habitat aslinya dan lebih besar 3x dari tubuh iguana, ukur suhu kandang sesuai Iklim atau kebutuhan Iguana, berikan lampu spot UVA/UVB, Anda dapat menggunakan Tatakan piring aluminium yang di bawah nya dipasang Bohlam / Bola lampu lama agar mereka tetap hangat jika diperlukan.Contoh Kandang yang Direkomendasikan:

Kandang yang Direkomendasikan untuk Iguana

Disini Saya menyarankan untuk Memilih kandang yang Terbaik, bila perlu sangat disarankan agar Anda untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan Pet Shop Khusus Reptil langganan anda. Serta secara bersamaan anda juga boleh menyiapkan terlebih dahulu sebuah Terarium berukuran Pas atau Besar untuk Iguana tersayang.

 

3. Jangan mudah Merasa Takut

Tentunya anda masih harus perlu merasa berhati-hati karena iguana secara alami dibentuk untuk memiliki alat pertahanan diri dengan memiliki, cakar, gigi yang tajam dan Ekor yang kuat, tetapi baby iguana yang kecil bukanlah sebuah ancaman bagi anda. Iggy memang saat belum pernah dijinakkan secara alami akan menunjukkan sifat Galak / Jumpy tapi jangan pernah merasa takut olehnya. Tanda-tanda tersebut iguana hanyalah reaksi ketakutan dari sang iguana.Biarkan iguana Anda sendirian untuk beberapa waktu sampai ia merasa tenang kembali. Meskipun setelah iguana anda telah nyaman di lingkungan barunya itu bukanlah tanda Iggy telah jinak. Tidak jarang iguana menjadi lebih galak dan agresif ketika iguana merasa nyaman di area barunya.

 

4. Perkenalkan Diri Anda Sebagai Seorang Teman

Ketika si Iguana sudah cukup terlihat tenang dan mulai terbiasa dengan lingkungan barunya, inilah waktu yang tepat untuk bagi Anda mengenalkan diri kepadanya sebagai Teman bukan sebagai Pemilik. Persahabatan tidak dapat dirajut jika anta satu pihak ada yang merasa Takut. Hal utama yang harus ketahui saat mencoba menjinakkan iggy ialah menghindari sikap atau perilaku yang dapat membuat iguana Anda merasa Takut. Tunjukkan bahwa Anda bukanlah ancaman bagi dia. Biasakan terlebih dulu dia terhadap kehadiran Anda sesering dan selama mungkin. Ketika Iguana menyadari bahwa kehadiranmu bukanlah ancaman, dia menjadi seperti Cuek dan acuh tak acuh, ketika Anda melewati atau sekedar duduk di dekat kandang mereka.

5. Kenali Sifat dan Gerakannya

Iguana akan menunjukkan gerakan khas iguana saat iguana merasakan ancaman, maka kepalanya akan berdiri tegak dengan mata memandang ke arah Anda atau dengan menggerakkan ekornya. Semakin Anda mengenali sifat dan gerakan mereka, maka semakin mudah proses Taming. Selalu Sabar dan tetap beri si Iggy makan dan bersihkan sangkar dengan sikap tidak peduli, tunjukkan padanya bahwa Anda adalah sumber makanan untuknya dan bukan ancaman baginya. Tinggalkan iguana sampai dia tidak merasa terganggu saat ada tangan Keluar Masuk dari kandang nya.

6. Selalu ajak si Iguana berbicara

Saat Anda sedang melakukan aktivitas sehari-hari dengan iguana, seperti saat anda membersihkan kandang dan memberi mereka makan, ajaklah iguana anda berbicara. Semakin sering iguana mendengar suara anda maka semakin si Iggy mengenali suara Anda, dan semakin sering pula iguana menjadi merasakan komunikasi yang nyaman ketika Anda mulai berinteraksi secara terus menerus.

7. Berilah sinyal jika Anda ingin melakukan sesuatu Padanya

Setelah menjalani tahap pengenalan dan pemahaman yang begitu lama, Anda secara bertahap akan mendapatkan kepercayaan darinya, ketika saatnya tiba, inilah saatnya untuk bertindak, tetapi jangan sampai anda Tergesa-gesa.

Caranya letakkan tangan Anda di samping kandang selama beberapa waktu. Sikap tersebut dapat memberikan sinyal bagi iguana bahwa Anda akan melakukan sesuatu padanya. Jangan letakkan tangan Anda di pintu kandang, karena Iguana dapat menganggap sebagai ancaman baginya.


8. Selalu Berikan Sentuhan

Saat iguana Anda sudah tidak lagi merasa terancam oleh kehadiran tangan Anda yang keluar/masuk di dalam sangkar, sekarang mulailah untuk mengelus iguana dengan tangan Anda secara perlahan-lahan mendekati atas kepala iguana.

Biarkan tangan Anda menyentuhnya kepala iguana dengan lembut. Ketika iguana tidak menunjukkan reaksi agresif ketika tangan anda menyentuhnya, sudah tiba saatnya bagi Anda untuk membelai tubuhnya. Teruskan secara bertahap dari jarang ke sering, dari sebentar ke lama.

9. Tempatkan Iguana di Tangan anda

Jika belaian lembut sudah cukup! Maka dia akan mengizinkan Anda untuk mengelusnya sesering mungkin, saat itulah waktu yang anda tunggu-tunggu telah tiba! Geser tangan Anda di bawah perut iguana lalu angkat perlahan, pegang dengan lembut tetapi posisi tangan Anda terkunci dengan aman, jangan biarkan iguana Anda jatuh karena cengkeraman Anda terlalu longgar Dengan posisi tangan seperti itu, selain melindungi Anda dari bagian tubuh yang berbahaya. iguana, itu juga akan membuat iguana merasa aman dan aman di tangan Anda.

10. Paksakan Namun dengan Lembut

Terkadang iguana akan bertindak dan marah ketika Anda pertama kali mengangkatnya. Jangan Hiraukan hal itu! Paksa sedikit dia dan terus saja pegang dengan lembut sampai iggy merasa tenang. Setelah selesai dan langsung saja untuk meletakkannya kembali ke kandang. Sedikit Tegas juga diperlukan, tapi ingat, jangan terlalu dipaksakan dan jangan terlalu kasar.

CATATAN:
Jangan letakan Iguana anda atau jangan mengembalikan Iguana ke kandangnya jika Iggy memperlihatkan Sinyal Merasa terancam, karena bagi Iguana ini adalah kemenangan bagi mereka! Sebaliknya, Anda harus berani dan tegas kepada Sang Iguana (tidak dibanting dan diinjak) sampai si Iggy menyerah dan Takluk di tangan Ownernya yaitu Anda.

Iguana Juga Punya gigi ya! Bahkan Gigi tajam Iguana Dewasa dapat Merobek Tangan sang Owner Pada saat Proses Taming, disarankan untuk memakai Sarung Tangan Kulit dan Baju lengan panjang untuk Menghindari Hal yang tidak di inginkan.
Berikut ini adalah Foto Hasil Gigitan Iguana Juve kepada Owner nya:

Luka Akibat Gigitan Iguana remaja

Lumayan bukan Hasilnya? Inilah hasil dari gigitan Iguana Juve / Remaja, Maka dari itu saya selalu menyarankan anda untuk selalu Berhati-hati jika Iguana anda telah memasang Mode menyerang seperti mengangguk-anggukan kepalanya.

Ok Ngingoners, Itulah beberapa Tips dan Proses Tahapan Penting dalam menjinakkan Iguana, tentunya akan membutuhkan waktu, tetapi waktu yang Anda habiskan akan menjadi ikatan yang sangat kuat antara Anda dan iguana kesayangan Anda. Untuk waktu Penjinakan, bisa saja cepat atau bisa juga lama tergantung ketelatenan anda saat menjinakan Iguana.

Belum ada Komentar untuk "Cara Cepat Menjinakan Iguana untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel