Resiko ketika memelihara Sugar glider - Ngingon.blogspot.com

Resiko ketika memelihara Sugar glider

Jangan tertipu dengan bentuk lucu dan imut dari Sugar glider, sebelum anda berencana memelihara hewan berkantung (Marsupial) yang manis ini, anda juga harus memperhatikan kekurangan dan resikonya saat memeliharanya.

Perawatan Sugar glider bagi yang sudah biasa, memang bisa di bilang sangatlah mudah, tetapi ada beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk pemeliharaan SG ini apalagi jika anda masih pemula.

Berikut ini resiko dan kekurangan Sugar glider saat di Pelihara


Resiko Pelihara Sugar glider

1. Harus selalu memanjakan Sugar glider

Sugar glider adalah hewan yang manja, terutama pada saat pertama kali membangun ikatan dengan pemiliknya, anda harus selalu mengajaknya untuk bermain dan mengajarinya  melompat ataupun mengajari mereka terbang.

Sugar glider selalu ingin dimanja

Seperti yang kita lihat, jika kedekatan ini tidak dibangun, maka akan cukup sulit untuk membuat hewan ini jinak kepada tuannya.

2. Sugar glider sering Buang air di sembarang tempat

Jangan kaget jika sugar glider tiba-tiba buang air kecil atau Buang kotoran sembarangan ke orang yang bukan pemiliknya karena ini hal yang lumrah terjadi, itu dikarenakan Sugar glider sedang ingin menandai wilayah mereka.

Bagi anda yang baru mencari Sugar glider untuk pertama kalinya dan mau di jadikan peliharaan, jangan heran jika bau kotoran dari binatang ini begitu kuat dan mereka cenderung Buang kotoran di mana pun mereka mau.

Tidak seperti memelihara kucing, Sugar glider cukup sulit diajarkan untuk tidak buang air sembarangan, Pemiliknya lah yang harus rajin dan mengetahui kapan dan jam berapa sugar glider akan buang air.
Jadi kamu bisa menjadwalkan kapan kandang mereka langsung bisa di bersihkan agar mereka selalu bersih.

3. Sugat glider cenderung berisik ketika malam hari

Sebagai hewan yang aktif di malam hari (Nokturnal), sugar glider tentu akan mengganggu anda pada saat di malam hari, terutama ketika anda ingin tidur.
Suara mereka hampir sama dengan anak anjing kecil ketika sedang menggonggong, bahkan suaranya akan sangat nyaring di malam hari dan ini akan sangat mengganggu jam istirahat kamu.

Sugar glider berisik karena sedang Bermain

Ketika sugar glider bersuara, itu tanda nya mereka merasa bosan karena mereka di kurung terus di dalam kandang atau bisa jadi bila mereka punya teman/pasangan, sugar glider sedang bermain dengan temannya, sudah pasti mereka akan membuat suara ribut.

4. Bau tidak sedap Sugar glider yang menyengat

Sugar glider memiliki aroma khas bau yang tidak sedap dan selalu menempel di tubuh mereka, bau ini tidak akan hilang meskipun anda telah memandikan mereka dengan sabun,
Sugar glider jantan biasanya memiliki bau yang lebih kuat dari sugar glider betina.

Aroma khas sugar glider mulai terasa saat mereka berusia 6-7 bulan, anda dapat menemukan warna kuning di tenggorokan.

Nahh,. itulah kelenjar yang membuat sugar glider sangat bau, Bau tersebut adalah sebagai penanda suatu wilayah atau tanda jika Sugar glider siap untuk Kawin / breeding.

5. Sugar glider sering menggigit

Bila anda bertanya apakah Sugar glider ini hewan yang menggigit?
Jawabannya adalah "Benar. Sugar glider memang suka menggigit".
Semua sugar glider pasti selalu menggigit, tetapi ada perbedaan cara mereka menggigit dan rasa sakit pada setiap gigitannya.

Gambar ini adalah contoh luka jika tergigit oleh Sugar glider

Luka karena gigitan Sugar glider

Jika mereka sudah jinak maka hanya akan menggigit kecil, itu tanda nya mereka sedang mengajak anda untuk bermain. Berbeda halnya jika yang menggigit bukan SG jinak, Sugar glider akan menggigit sekuat-kuatnya hingga akan memberikan luka yang cukup dalam, itu di karenakan untuk membela diri atau pertahanan diri.

6. Perawatan Sugar glider yang mahal

Memelihara SG tidak semudah yang anda bayangkan, di karenakan biaya Pakan, Perawatan dan kesehatannya yang lumayan menguras kocek anda, untuk golongan menengah ke atas tentu saja ini tidak jadi masalah, namun anda juga harus merogoh kocek lebih dalam lagi untuk biaya Kandang, obat-obatan dan kebersihan mereka.

Nahh sekarang bagaimana, apakah anda siap menanggung semua Resiko dan masalah biaya yang akan anda hadapi nanti?, saat anda telah menjadikan sugar glider yang lucu nan imut ini sebagai hewan peliharan anda.

Belum ada Komentar untuk "Resiko ketika memelihara Sugar glider"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel