Fase pertumbuhan Sugar glider dari Dilahirkan sampai ke Joey - Ngingon.blogspot.com

Fase pertumbuhan Sugar glider dari Dilahirkan sampai ke Joey

Ada beberapa fase pertumbuhan Sugar glider yang harus kamu ketahui, Tentu nya fase inilah yang selalu dinanti-nanti oleh para keepers SG.

Karena pada saat fase Sugar glider tumbuh, disinilah keunikan-keunikan dari mereka akan muncul. Nah baiklah tanpa panjang lebar lagi langsung saja Ngingon akan membahasnya.

Beberapa Fase saat pertumbuhan Sugar glider

Fase pertumbuhan Sugar glider

1 . Fase kawin (Breeding) dan melahirkan

Sugar glider rata-rata biasanya hanya akan menghasilkan beberapa Joey (Bayi Sugar Glider) dan itu hanya sebanyak 1 atau 2 Baby saja.

Karakteristik dan ciri-ciri dari Sugar glider yang telah melahirkan anak adalah kantung perut indukan yang akan terlihat membesar ketika disentuh. Awalnya akan terasa seperti ada benjolan sebesar ukuran biji kacang kedelai, setelah seminggu maka benjolan itu akan tumbuh membesar secara bertahap.

Baby Sugar glider usia Beberapa hari seperti kacang

Nahh setelah masa melahirkan berlanjut maka ke masa Joey di Kantung/Ponch ibunya, biasanya kita menyebutnya juga dengan masa IP (In Ponch) dan masa itu akan berlangsung sekitar 2 bulan, selanjutnya kita bahas fase IP.

2. Fase IP (In Ponch)

Anda tidak perlu memisahkan Sugar glider yang jantan dan betina dari kandang, Jika anda sudah yakin bahwa sang induk telah memiliki Joey yang ada di saku/kantungnya (periode IP).

Karena Sugar glider jantan juga pasti akan menjaga anak-anaknya itu karena Joey tersebut adalah koloninya sendiri. Tetapi jika anda memiliki lebih dari satu pasang dalam satu kandang, akan lebih baik jika IP Sugar glider dipisahkan sendiri-sendiri ini bertujuan agar dapat membuatnya lebih aman.

Karena Indukan Sugar glider sedang IP anda harus membuat mereka tetap benar-benar aman dan nyaman serta terus memberikan makanan bergizi dan banyak protein. Selain itu, SG harus terhindar dari stres yang bisa mereka alami kapan saja, berikut ini tips atasi Sugar glider yang stres.

Karena kemungkinan terburuk Sugar glider sangat mudah stres ketika fase IP tersebut. Jika Sugar glider indukan Stres maka Bayi akan direject oleh sang induk dan hal ini dapat terjadinya penolakan pada Joey nya sendiri atau Induk Sugar glider akan meninggalkan anaknya sendiri.

Untuk pemberian makan fase IP Sugar Glider, sama halnya seperti saat anda memberi makan SG setiap hari, setidaknya 2 kali sehari.

Hanya porsi nya saja yang sebaiknya diberikan sedikit lebih banyak dan anda juga harus lebih sering berikan makanan yang mengandung protein tinggi seperti jangkrik atau ulat hongkong agar susu yang mereka Produksi akan menjadi lebih banyak sehingga pertumbuhan Joey juga akan stabil dan cepat Besar.

3. Fase Joey atau Fase OOP (Out of Ponch)

Setelah sekitar 2 bulan IP, Sugar glider Joey akan keluar dari kantung induknya. Nahh,. Periode ini juga disebut fase OOP (Out Of Pouch), dan saat itulah umur Sugar glider telah dihitung 0 hari.

Fase OOP Sugar glider

Ketika Sugar glider Joey keluar dari kantong ibunya, maka anda akan lebih banyak tersita dikarenakan anda harus mulai memperhatikan perkembangan pertumbuhan sampai Joey terbiasa dengan sentuhan tangan manusia.

Agar cepat jinak anda harus sering lebih banyak berinteraksi dengan SG Joey terlebih dahulu, sehingga mereka terbiasa dengan sentuhan manusia. Jadi mereka tidak akan menjadi liar saat sudah besar.

Terkadang anda harus membesarkan Joey sendiri jika joey ditinggalkan induknya atau direject oleh induknya.

Usia ideal Joey agar anda bisa berinteraksi atau menyentuhnya secara langsung, disarankan lebih baik ketika Joey sudah berumur 2 sampai 3 minggu setelah fase OOP, Tapi mungkin juga bisa kurang tergantung pada keinginan anda sendiri.

Joey saat Pertama kali Bermain

Namun bagi saya sendiri, saya mulai menyentuh Joey ketika joey masih OOP, tetapi tidak terlalu lama. Saat saya menyentuhnya mungkin hanya sekitar 2-3 menit karena badan OOP Sugar glider masih amat sangat rentan.

Untuk para Breeder Sugar glider pemula, jika ingin menghasilkan anak Sugar glidernya yang baik dan sehat. anda harus selalu berhati-hati dan terus jaga Sugar glider dengan perhatian serta kasih sayang.

Banyak orang yang mulai tertarik dan terpesona setelah melihat Sugar glider , tetapi mereka tidak mempunyai pengetahuan yang cukup pada saat pemeliharaan SG.
Maka dari itu saya membuat artikel ini sebagai Informasi agar anda dapat mengembang biakan Sugar glider dengan Baik dan benar.

Belum ada Komentar untuk "Fase pertumbuhan Sugar glider dari Dilahirkan sampai ke Joey"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel