Cara Ternak Sugar glider untuk Pemula - Ngingon.blogspot.com

Cara Ternak Sugar glider untuk Pemula

Memelihara Sugar glider sebenarnya mudah, Bagi mereka yang memiliki Sugar glider hanya untuk hobi tentu memiliki cara tersendiri untuk perawatan mereka.

Nahh,. tapi bagaimana jika anda berencana untuk Berternak Sugar glider? Tentunya mereka yang sudah biasa maka tidak akan mengalami terlalu banyak masalah dan kesulitan jika ingin membuat Sugar glider sebagai binatang ternak, andapun bisa meraup omset yang lumayan dari bisnis ternak Sugar glider ini.

Cara berternak sugar glider untuk Pemula

Di samping binis ternak Sugar glider ini menjanjikan, perawatan SG juga sebenarnya sangat sederhana, mudah dan tidak terlalu banyak merogoh kantong. Tetapi tentunya ada hal yang akan menyulitkan dalam berternak Sugar glider yaitu dapat menghabiskan banyak waktu, pikiran, dan energi anda.

Tetapi jika tetap bersikekeh untuk menjadikan Sugar glider sebagai binatang ternak, anda tentu harus memperhatikan hal-hal di bawah ini.

Hal yang Perlu di perhatikan sebelum Berternak Sugar glider


  1. Lingkungan atau penempatan Sugar Glider dan Kandang.
  2. Penyediaan makanan, minuman, dan Pounch untuk Sugar glider.
  3. Setidaknya sediakan sepasang atau 1 jantan 2 betina dalam satu kandang.
  4. Usia sugar glider yang sangat ideal untuk dibesarkan yaitu jantan berusia minimal 4 bulan dengan tanda-tanda ada pitak/botak di kepala dan betina berusia 6 bulan.
  5. Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk berternak Sugar glider.

Penempatan sangkar/kandang untuk Sugar glider yang diternakan lebih baik ditempatkan di tempat yang tenang atau sunyi, tempat yang tidak terkena matahari secara langsung, Jauhkan sugar glider dari hewan pemangsa atau hewan lain, Seperti kucing, tikus, ular dan sebagainya, dan jangan lupa untuk memasukkan mereka ke dalam ruangan yang sejuk atau peredaran sirkulasi udaranya yang lancar.

Rekomendasi kandang Sugar glider

Berikan makanan setiap hari setidaknya 2 kali sehari pagi hari dan malam hari, sehingga Sugar glider tidak pernah merasa kekurangan makanan. lebih baik sesekali berikan SG makanan yang berprotein tinggi seperti Jangkrik atau Ulat hongkong, karena kebanyakan makanan tersebut dapat mempercepat Sugar glider untuk kawin.

Fakta sebenarnya sugar glider dapat kawin dan menghasilkan anak setidaknya 1-4 kali setahun. Namun ada beberapa Sugar glider yang tidak bisa kawin dan menghasilkan keturunan dengan cepat.

Tidak jarang juga meskipun sebagian sugar glider sudah memasuki Usia perkawinan, Menginjak usia lebih dari setahun, Sugar glider bahkan tidak langsung menunjukkan Tanda-tanda ingin kawin dan menghasilkan keturunan untuk pertama kalinya.

Ada banyak faktor yang membuat Sugar glider tidak ingin kawin atau tidak mau menghasilkan keturunan walaupun mereka telah diberi pasangan.

Beberapa mungkin karena mereka belum masanya untuk kawin, atau mereka memang tidak cocok satu sama lain karena pada sebagian besar SG memiliki karakter hewan pemilih terhadap pasangan dan lingkungan mereka, Bisa jadi mereka juga tidak merasa aman dan tidak merasa nyaman pada lingkungannya, mungkin persediaan makanan yang sedikit atau bisa juga penyebabnya karena terlalu sering diberi makan sehingga Sugar glider stres bahkan sakit.

Sugar glider saat merasa Stres

Saran saya jika anda sangat ingin Beternak Sugar glider, lebih baik untuk mencoba memelihara minimal satu pasangan sebagai Hobi untuk memahami karakteristik SG dan koloni mereka terlebih dahulu, meskipun hasilnya mungkin akan lama, tetapi setidaknya anda akan belajar banyak dari pengalaman.

Catatan buat anda yang ingin mencari untung besar dan cepat dengan cara ternak Sugar glider, lebih baik langsung saja ternak puluhan ekor bila perlu anda membeli ratusan ekor maka anda akan mendapatkan banyak Joey Sugar glider, tapi jika anda hanya akan mengembang biakan hanya sepasang, anda akan merasakan hasil usaha ternak Sugar glider ini terasa sangat lama.

Belum ada Komentar untuk "Cara Ternak Sugar glider untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel