Tips Perawatan Sugar glider untuk Pemula - Ngingon.blogspot.com

Tips Perawatan Sugar glider untuk Pemula

Sugar glider adalah hewan sosial & mereka suka berinteraksi, Sugar glider liar adalah tipe hewan yang hidup berkelompok, mereka tersebar di wilayah Papua-Australia dan sekitarnya.

Jarang ditemukan dan bahkan tidak pernah ditemukan Sugar glider yang tersebar di wilayah lain, Namun jika di sana terdapat hewan ini kemungkinan itu adalah Hewan peliharaan yang kabur dari pemiliknya.

Tips merawat Sugar glider bagi pemula

Di Indonesia Sugar glider termasuk dalam spesies Binatang langka dalam kategori Appendix 2, Sugar glider adalah hewan yang dilindungi, perburuan yang secara membabi buta dan penjualan yang tidak terkontrol harus dibatasi dan terkendali, tetapi jika mereka telah di kembang biakan, maka keturunan generasi ketiga atau F2 dapat di pelihara.

Karena itu binatang ini juga sangat membutuhkan interaksi dengan manusia, tidak hanya dirawat tetapi juga diperhatikan dan disayang.

Sugar glider hanya menggigit ketika dia merasa dalam bahaya. Salah satu hal menakjubkan tentang SG adalah gigi mereka tidak dirancang untuk merobek kulit atau daging.

Bentuk Gigi Sugar glider dewasa

Gigi Sugar glider dirancang seperti sebuah penjepit. ketika Sugar glider menggigit, gigitannya terasa lebih seperti dicubit termasuk sama dengan digigit binatang lain seperti biasanya.

Karena sugar glider pada dasarnya membutuhkan interaksi manusia, semakin kita dekat dan sering bermain dengan mereka, semakin mereka merasa nyaman di dekat kita maka kebiasaan mengigit ini akan secara bertahap menghilang.

Jika anda merawat mereka dengan cinta dan kasih sayang, maka tidak ada alasan lagi bagi mereka untuk menggigit anda.

Pertanyaan yang sering kali ditanyakan oleh Owner SG, "Apakah memotong Gigi Sugar glider di larang?"

Maka akan saya jawab, "Ya dilarang".
Tidak boleh memotong gigi Sugar glider dan jangan pernah sesekali berpikir untuk membuat mereka tidak menggigit anda lagi, karena apabila anda memotong gigi Sugar glider, maka gigi mereka tidak akan tumbuh lagi, dan itu akan mengganggu kesehatan SG itu sendiri dan dapat menyebabkan kematian pada mereka.

Produksi keturunan di Sugar glider cukup lama, Jantan mencapai kematangan pada usia 4 hingga 12 bulan, sedangkan betina berusia antara 8 dan 12 bulan.

Umumnya, Sugar glider kawin 1 hingga 3 kali setahun dan menghasilkan 1-2 Joey (Panggilan untuk bayi Sugar Glider) dalam kelahiran. Masa kehamilan sekitar 2 minggu.

Setelah Sugar glider melahirkan, Joey masuk ke kantung (Pouch) ibunya untuk pengembangan lebih lanjut selama sekitar 2 bulan, periode Joey di kantung ibunya biasanya disebut IP (In Pouch).

Joey atau Baby Sugar glider

Setelah sekitar 2 bulan IP, Joey akan keluar dari kantung ibunya. Periode ini biasanya disebut OOP (Out Of Pouch) dan dibutuhkan sekitar 1,5-2 bulan setelah periode OOP, sehingga SG Joey siap untuk terpisah dari induknya.

Jumlah total waktu yang dihabiskan dalam satu periode produksi Sugar glider mulai berpasangan sampai Joey siap untuk membagi, kurang lebih sekitar 4 bulan.

Sugar glider tidak makan terlalu banyak dan makanannya sebenarnya tidak mahal

SG dapat diberi makan dengan bubur bayi rasa: pisang, kacang hijau dan beras merah. Pemberian bubur diberikan tidak terlalu kental & tidak terlalu cair. Pemberian makan bisa dilakukan setidaknya 2x sehari, pagi hari dan malam hari.

Sugar glider memakan Bubur

Selain itu, Makanan Sugar glider harus dilengkapi dengan buah-buahan / sayuran segar & makanan Sugar glider yang bergizi.

Aroma SG biasa nya bisa sangat bau, hanya jika anda memberi mereka terlalu banyak serangga hidup dan tidak menjaga kandang mereka selalu tetap bersih.


Sugar glider Termasuk jenis Binatang yang aktif di malam hari

Sugar glider adalah hewan Nokturnal jadi jangan heran jika SG terlalu banyak tidur di siang hari karena itu adalah jam tidur mereka, mungkin ketika kita beristirahat di malam hari mereka akan mulai menunjukkan aktivitasnya.

Sugar glider sangat mudah strees ketika mereka merasa bosan di kandang, biasanya akan terdengar seperti anak anjing (menggonggong) dan sering membuat suara berisik. Oleh karena itu anda disarankan untuk mengadopsi sepasang & memberikan kandang yang cukup besar, berikan juga kantong (Ponch) & ranting dikandang mereka sehingga mereka tidak merasa kesepian dan dapat bermain sendiri melakukan kegiatan mereka seperti di alam ketika kita beristirahat & tidak bisa bermain dengan mereka. Selain menggonggong, SG juga akan membuat suara lain seperti Crabing mencakar, ini biasanya dilakukan ketika Sugar glider anda sedang merasa terancam.

Memelihara Sugar glider sehingga bisa menjadi teman bermain dan juga hewan peliharaan sebenarnya tidak sulit, tetapi juga tidak mudah, tetapi tetaplah berpikirlah terlebih dulu sebelum anda benar-benar siap untuk mengadopsi mereka  karena anda juga membutuhkan ketekunan, serta melungkan lebih banyak waktu, dan kesabaran untuk Sugar glider kesayangan anda.

Belum ada Komentar untuk "Tips Perawatan Sugar glider untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel