Tips mengatasi Sugar Glider yang Strees - Ngingon.blogspot.com

Tips mengatasi Sugar Glider yang Strees

Halo keepers! Kali ini Ngingon akan memberikan informasi bagaimana mengatasi Sugar Glider yang sedang Stres dengan mudah. Tapi sebelum itu silahkan anda simak penjelasan di bawah ini terlebih dahulu.

Sugar glider adalah hewan berkantung sejenis dengan tupai pohon yang mempunyai ukuran badan relatif kecil sekitar 24 sampai 30 cm dan berat 4 sampai dengan 6 ons. Tubuhnya yang imut dan Raut mukanya yang lucu menjadikan hewan ini salah satu hewan favorit bagi semua orang untuk dipelihara.

Sugar glider termasuk hewan Omnivora atau anda dapat menyebutnya juga sebagai hewan pemakan semua, meskipun mereka omnivora atau pemakan segalanya, sugar glider memiliki suasana hati yang selalu berubah-ubah, misalnya dalam hal pakan atau makanan, jika hari ini sugar glider suka di beri pisang, belum tentu besok mereka mau di berikan makanan yang sama.

Mengatasi Sugar glider yang sedang Strees

Hal inilah kadang-kadang yang akan membuat Sugar glider mudah rentan terhadap stres, karena owner pastinya harus memahami segala sesuatu tentang hewan ini.

Berikut ini cara mudah mengatasi sugar glider yang sedang Stres


1. Berikan Sugar Glider Makanan yang Bergizi

Cara untuk menghadapi sugar glider yang stres dalam kondisi ini adalah dengan menyediakan makanan yang Bergizi. jadi jika sugar glider anda biasanya makan makanan berbagai ulat atau jangkrik kecil, untuk sementara gantilah makanan tersebut dengan memberikan bubur bayi dengan tambahan pisang atau pepaya, sehingga nafsu makan Sugar glider anda meningkat dan ini akan meningkatkan penyembuhan stres pada Sugar glider.

2. Periksakan Kesehatan Sugar Glider

Periksalah kesehatan mereka, pastikan tidak memiliki gejala penyakit tertentu, jika mereka mengalami penurunan aktivitas, seperti menjadi jarang aktif, jarang bergerak, tidur lebih, dan lesu, maka sugarglider bisa jadi sedang dalam kondisi sakit. Segera konsultasikan dengan dokter ahli untuk pemeriksaan penyakit yang di derita sugar glider anda, jika terus-menerus stres bisa jadi karena penyakit yang menyerang dan itu dapat menyebabkan kematian mendadak pada sugar glider.

3. Biarkan Sugar Glider Beradaptasi

Sugar glider yang berada di lingkungan baru atau perubahan kondisi lingkungan sekitarnya akan menjadi rentan terhadap stres, mereka bisa menjadi lebih agresif dan galak. untuk itu Cara mengatasi kondisi seperti ini adalah dengan membiarkan mereka beradaptasi terlebih dahulu dengan lingkungan barunya. Selalu berikan makanan yang bergizi dan kurangi berinteraksi secara langsung dengan mereka sampai stresnya berkurang, Sampai saat anda melihat dari sikap yang lebih tenang saat anda dekati.

Lakukan ini selama 2 hingga 1 minggu ke depan. Sampai mereka bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya, dekati secara perlahan sampai suasana hati mereka membaik, jika mereka sudah merasa lebih tenang dan jinak, itu tandanya mereka mampu beradaptasi dengan lingkungan baru nya.

4. Jangan terlalu sering memindahkan Kandang Sugar glider

Karena Sugar glider memiliki indera penciuman yang sangat tajam, Maka mereka akan memahami semua bau aroma dan rasa udara di sekitarnya. Jika Anda sering memindahkan kandang sugar glider, mereka akan stres karena takut dan harus kembali beradaptasi dengan tempat barunya.

Karena itu berikan tempat yang nyaman baginya dengan sirkulasi udara yang baik dan jangan terlalu sering memindahkannya, biarkan dia tetap di tempat yang sama selama tempat itu aman dari predator dan hewan lainnya.

5. Jangan Berikan Sugar Glider Makanan secara Cepat

Stres terkadang membuat sugar glider memakan kotorannya sendiri, bagaimana menghadapi sugar glider yang stres dan melakukan ini, adalah dengan memberi makan mereka secara bertahap, tidak memberi mereka secara langsung dalam jumlah banyak dan tidak segera mengganti atau mengisi tempat makan mereka dengan cepat.

6. Hindari Mengajak Sugar Glider Bepergian saat mereka Stres

Sugar glider yang sangat dekat dengan pemilik mereka dapat menghafal aroma atau bau pemiliknya, hal inilah yang akan membuat mereka aman saat diajak bepergian.

Tetapi ketika sugar glider berada dalam kondisi stres, biarkan mereka tetap berada di dalam kandang jangan bepergian dengan kendaraan yang menimbulkan kebisingan dan polusi asap karena dapat memperparah stres dari sugar glider.

7. Kawin saat usia Sugar glider sudah Cukup dewasa

Sugar glider yang telah dikawinkan masih muda atau hamil di bawah usia yang ditentukan akan mudah stres. Bahayanya bagi mereka akan sakit dan beberapa bahkan akan memakan anak-anak mereka sendiri. Karena itu, jika Anda memiliki Niat dan berencana untuk mengembang biakan sugar glider, Kawinkan mereka pada saat usia sudah cukup dewasa atau usia Matang.

Jika anda telah terlanjur melakukannya dan Induk sudah hamil atau memiliki anak, segera pisahkan dari sugar glider lain, berikan makanan bergizi dan biarkan mereka beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang baru.

8. Berikan Sugar glider Teman atau Pasangan

Berikanlah sugar glider anda teman atau pasangan, Sugar glider yang diberikan Teman dalam satu kandang, atau diberikan sugar glider lain yang jenis kelamin nya beda maka mereka akan menjalin persahabatan atau berkoloni satu sama lain dan terikat secara emosional. Itu karena Sugar glider adalah hewan yang bersifat sosial. Tapi, Jika mereka terpisah itu akan membuat mereka stres dan menjadi galak . Karena itu biarkan mereka tinggal bersama-sama di dalam satu kandang.

9. Jangan letakan Sugar glider didekat Hewan lain

menghindarkan mereka dari hewan lain seperti kucing dan anjing. karena hewan ini akan membuat sugar glider panik dan stres karena sifat mereka yang mudah terkejut. Letakkan kandang mereka jauh dari kandang binatang tersebut.

10. Letakan Kandang Sugar glider ditempat yang Tenang

Jangan meletakkan sugar glider di tempat yang penuh tekanan seperti tempat yang ramai atau banyak polusi dan aroma yang menyengat, karena itu akan membuat mereka panik dan tidak nyaman sehingga stres mereka meningkat dan menjadi agresif. Tempatkan di tempat yang lebih tenang dan jauh dari kebisingan.

11. Ajak Sugar glider bermain sebelum mereka Stres

Jika sugar glider Anda Merasa sendirian dan tidak memiliki teman di kandang, ia akan merasa bosan dan kesepian, terlebih lagi jika anda jarang memperhatikan mereka itulah penyebab utama yang membuat mereka sangat stres. Cara mengatasinya dengan meluangkan waktu anda untuk mengajak mereka bermain dan berlari di sekitar rumah atau di tengah lapangan, itu akan membuat suasana hati mereka lebih baik dan perlahan-lahan menghilangkan stres sugar glider anda.

Saya harap setelah sobat Ngingon membaca penjelasan diatas sekarang sudah mengerti caranya mengatasi Sugar glider kesayangan agar tidak stres, untuk pertanyaan seputar Sugar glider lainnya akan saya update lain kali.

Semoga tulisan ini dapat dengan mudah anda pahami dan menjadi wawasan tambahan yang bermanfaat bagi anda, Terima Kasih.

Belum ada Komentar untuk "Tips mengatasi Sugar Glider yang Strees"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel