Fase perkembangan Landak mini dan Perawatan mereka - Ngingon.blogspot.com

Fase perkembangan Landak mini dan Perawatan mereka

Landak mini diklasifikasikan sebagai hewan yang Jarang di pelihara karena beberapa orang beranggapan bahwa memelihara Landak mini akan sulit dalam perawatan dan makanannya.

Padahal memelihara landak mini sangat bisa untuk menjadi hiburan yang menyenangkan bagi anda di rumah itu karena Lanmin ramah terhadap Manusia yang biasa dilihatnya.

Landak mini termasuk Hewan yang mudah dijinakan, apalagi jika mereka di Pelihara pada saat masih Bayi.

Perkembangbiakan Landak mini, dikatakan jumlah landak mini yang baru lahir bervariasi dari beberapa ekor dari 6 ekor sampai 8 ekor. tetapi rata-rata Landak mini melahirkan 4 Ekor,
Landak mini yang baru lahir panjangnya sekitar satu inci, masih buta dan masih sangat polos.

Beberapa Fase perawatan perkembangan dari Landak mini yaitu:


Fase perkembangan Landak mini.

1. Landak mini saat baru dilahirkan

Saat Landak mini baru lahir, mereka masih ditutupi oleh cairan membran yang menutupi bagian belakang punggung dan ini akan mengering setelah 6 hingga 12 jam, bagian belakang mereka akan mulai menyembul melalui celah kulit. ini di sebut dengan Duri pertama atau duri muda.

Baby Landak mini yang baru dilahirkan

Duri muda ini sangat lembut sama halnya seperti rambut. Duri keras pertama tidak akan tumbuh dalam beberapa pekan.

2. Fase Baby Landak mini Menyusui

Pada saat sang induk Landak mini menyusui mereka akan merawat anak-anaknya hampir sama seperti induk Anjing.

Baby landak mini tumbuh sangat cepat selama masa ini, setelah sekitar 4 sampai 6 hari anda dapat melihat seberapa perhatian sang induk landak mini yang baru melahirkan ini terhadap anaknya. Induk Lanmin mungkin akan mendesis ke arahmu ketika tangan anda mencoba mengganggu anak mereka, Desian ini lakukan untuk mencegah mengganggu anak mereka.

Baby Landak mini menyusui anaknya

Terus awasi mereka sampai sekitar Tiga pekan, selalu pastikan pasokan makanan dan minuman Landak mini selalu tercukupi dan yang pasti berikan makanan yang bergizi.

3. Baby Landak mini mulai Bergerak

Pada fase ini Anak-anak Landak mini sudah cukup besar, saat ini Baby/Anak Lanmin telah berusia kurang lebih 3 minggu.

Mata mereka sudah mulai terbuka dan telah memasuki periode aktif Bergerak. saat inilah Landak mini telah bisa menguasai kewajiban mereka sebagai Lanmin yang baru lahir yaitu dengan cara menggulung diri seperti bola dan menegakan duri-durinya untuk melindungi diri.

Meskipun Duri mereka tegak tetapi tenang saja, anda tetap dapat menyentuh mereka dengan lembut tanpa harus takut tertusuk oleh duri mereka. Indukan anak Landak mini akan menggeram dan mendesis tanda induk mencoba melindungi anaknya.

Tapi jangan kuatir bila anda Ingin bermain atau sekedar menyentuh nya, anda tetap bisa menyentuh Baby Lanmin. Tapi saya sarankan untuk tidak menyentuh baby landak mini lebih dari 2-3 menit, dikarenakan Baby lanmin masih sangat rentan serta indukan tidak boleh merasa khawatir karena terlalu lama jauh dari anaknya dan si induk pun merasa kehilangan anaknya.

4. Penyapihan Induk dan Anakan Landak mini

Pada masa ini anda dapat bermain dengan Baby Lamin lebih lama lagi, saat ini landak mini berusia sekitar 5 minggu. Indukan telah mulai menyapih sang anak yang baru lahir agar mulai dapat mencari makan sendiri.

Tetapi dengan catatan anda tidak boleh memisahkan landak mini yang  baru lahir dari indukan, Jika mereka belum berusia setidaknya 6 minggu, karena Karakter Lanmin masih bergantung kepada induknya.

5. Problem jika Anakan Landak mini di tolak oleh Indukan


Induk Landak mini menolak Anaknya

Jika anda menemukan anak Lanmin yang baru dilahirkan kemudian ditolak oleh Indukannya, Anda dapat mencoba menyerahkannya kepada indukan Landak mini lain yang memiliki usia yang sama.

Anda juga dapat memberikan Baby Landak mini makan sendiri. Banyak landak ketika baru lahir Cacat karena ditolak oleh Induknya. Tapi Jika anda tidak memiliki indukan landak mini lain yang telah menyusui, Anda dapat mencobanya dengan memberikan susu menggunakan pipet setiap 2 hingga 3 jam.

Saat memberi makan anda juga dapat membantu mereka buang air dengan membelai atau mengusap-usap lembut perut bagian bawah. Memberikan makan landak mini sendiri hanya bertujuan digunakan sebagai upaya terakhir, Hal ini bukanlah untuk menjadikan Baby landak mini baru lahir menjadi jinak, Perlu anda ketahui jika menggunakan metode ini maka tingkat kelangsungan hidup landak mini relatif kecil.

6. Memberikan makanan ke Baby Landak mini

Landak mini yang baru lahir Pada umumnya akan memakan serangga, tetapi mereka juga dapat memakan buah, sayuran, telur dan daging. Mereka akan makan terus menerus, sehingga mereka bisa kelebihan berat badan. Landak mini yang baru lahir yang terlalu gemuk tidak dapat berguling dan sulit untuk bergerak.

7. Gizi dan pakan Landak mini

Pakan berkualitas bagi landak mini adalah hal yang utama. Kebutuhan nutrisi untuk landak mini yang baru lahir sangat tinggi. Berikan mereka pakan kibble yang biasa di berikan untuk kucing yang mempunyai kualitas tinggi. Kibble yang Anda pilih harus memiliki kadar lemak di bawah 15%, protein 32 35%, dan harus organik, holistik atau sejenisnya, anda pun tidak boleh memberikan kibble yang terbuat dari jagung atau sejenisnya.

Banyak pemilik landak mini yang baru lahir memberikan makanan sendiri ke landak mini yang baru lahir dengan sisa makanan dan ini adalah hal yang salah.

Berikan landak mini beragam camilan untuk menghindari gizi buruk jika Anda hanya menyediakan satu jenis makanan, seperti buah, sayuran, daging ayam, telur. Ulat juga baik untuk makanan landak mini yang baru lahir, anda dapat memberikan 1 hingga 4 kali seminggu.

8. Hindar memberikan makanan ini ke Landak mini

Jangan pernah sekalipun memberikan landak mini pakan atau makanan berikut:

  • Daging mentah
  • Biji-bijian
  • Buah kering
  • Sayuran mentah
  • Makanan lengket
  • Alpukat
  • Anggur
  • Kismis
  • Susu
  • Serangga berbisa
  • Alkohol
  • Roti kering
  • Bawang merah
  • Wortel mentah
  • Seledri
  • Tomat
  • Makanan cepat saji yang di konsumsi manusia seperti:
  1. Keripik
  2. Permen
  3. Pizza dan semuanya yang makanan yang asin dan terlalu manis.

9. Masa pergantian Duri Landak mini

Hampir sama seperti Reptil Iguana yang dapat mengganti kulit, landak mini yang baru lahir juga dapat berganti Duri.

Biasanya ini terjadi saat landak mini berusia sekitar 7 hingga 8 minggu dan dapat terjadi selama tahun pertama mereka, Pergantian duri kandak mini dari duri biasa menjadi duri dewasa. Anda tidak perlu khawatir karena Ini hal yang normal, kecuali jika mereka menunjukkan gejala penyakit. Landak mini yang baru lahir mungkin sedikit gugup dan tidak suka dipegang, mandikan Landak mini anda dengan oatmeal agar tubuh mereka merasa nyaman.

10. Selalu jaga kesehatan Landak mini

Persiapkan nampan dengan kedalaman tidak lebih dari setengah inci agar mudah diakses dan menghindari patahnya kaki landak mini yang baru lahir.

Pastikan anda hanya menggunakan pasir sama seperti untuk kucing peliharaan yang tidak menggumpal, atau menggunakan tisu kertas.

Pastikan itu cukup untuk landak mini yang baru lahir, dan bersihkan setiap hari, perhatikan gerakan perut abnormal yang bisa menunjukkan gejala penyakit.

Banyak pemilik landak mini sering meletakkan nampan di bawah roda mainan, karena di situlah landak mini yang baru lahir biasanya melakukan kegiatan mereka.

Bersihkan kandang mereka secara teratur. berikan makanan dan minum dengan air, bersihkan roda dan tempat tidur seminggu sekali. mandikan hanya jika menurut anda landak mini sudah kotor. Periksa kuku mereka secara teratur jika terlalu panjang maka potonglah kuku Lanmin.

11. Ajaklah Landak mini sesering mungkin Bermain

Jika Anda menyentuh landak mini sesering mungkin maka mereka akan terbiasa dengan sentuhan anda.
Lakukan dengan lembut dan perlahan karena mereka sangat rentan dan lemah.

Mengajak Landak mini bermain

Secara umum, anda hanya boleh menyentuh dan memegangnya hanya satu menit perharinya. Jangan takut saat bermain-main dengan mereka. Landak mini yang baru lahir akan Patuh dan menerima anda jika anda selalu menemani mereka dan ikut bermain jika mereka sedang bermain sendirian.

Itulah Beberapa fase perawatan saat Landak Mini Berkembang dan tumbuh, saya sarankan rawat lah landak mini anda dengan baik, semoga Apa yang Ngingon bahas kali ini bermanfaat bagi para pembaca.

Terima kasih telah menyimak apa yang saya bahas kali ini silahkan anda tunggu artikel tentang pembahasan berikutnya.

Belum ada Komentar untuk "Fase perkembangan Landak mini dan Perawatan mereka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel