Tips Sebelum memilih Bedding untuk Landak Mini - Ngingon.blogspot.com

Tips Sebelum memilih Bedding untuk Landak Mini

Serbuk kayu adalah penggunaan Bedding atau Alas tidur paling populer untuk Hewan peliharaan kecil di Indonesia.

Hampir sama seperti Hamster dan Marmut, Landak mini juga sangat menyukai Serbuk kayu untuk tempat bermain mereka. Banyak Orang yang menggunakan serbuk kayu untuk peliharaan hewan peliharaan kecilnya, jika mereka diberikan Serbuk kayu, tidak hanya sarana untuk menampung kotoran mereka, Tetapi Landak mini juga bisa menggali Serbuk kayu untuk area mereka bermain.

Karena Landak mini sangat suka menggali maka silahkan anda Tinggikan atau tebal kan Bedding serbuk kayunya, maka mereka akan sangat menyukainya.

Anda dapat mendapatkan bubuk kayu ini di Pet shop terdekat atau membelinya di tempat pembuatan mebel, jika tidak ada yang bermerk anda juga bisa memakai yang tidak bermerk untuk hasil yang lebih baik lagi silahkan anda memakai Pellet Kayu.

Tips memilih Bedding Landak mini

Perbedaannya yang tidak memeiliki merk adalah bahwa yang Bermerk mempunyai kelebihan yaitu lebih higienis, dan bila anda memakai yang tidak bermerk anda harus memasukkan serbuk kayu ke dalam freezer selama 2 hari Agar semua parasit seperti jamur, kutu, dan lain-lain yang ada dalam serbuk kayu bisa mati.

2 Sarana memilih Bedding untuk Landak mini


1. Menggunakan Serbuk kayu

Bubuk kayu untuk Bedding Landak mini yang beredar di Indonesia adalah jenis serbuk kayu dari cedar / Pohon pinus ataupun pinus Belanda / pinus / Kayu jati yang sebenarnya tidak baik Bagi hewan-hewan kecil terutama hewan peliharaan termasuk landak mini karena mengandung Phenol yang berbahaya bagi Landak Mini.

Orang luar negeri biasanya menggunakan serbuk kayu aspen yang diketahui sebagai bubuk kayu yang paling aman.

Tetapi bubuk kayu ini langka dan jarang sekali di temukan di Indonesia. Anda boleh menggunakan serbuk kayu lain yang Harganya lebih murah dan mudah didapatkan di sekitar tempat anda tinggal.

Ada beberapa kekurangan dari Serbuk atau Bubuk kayu yaitu:

  1. Harus sering diganti di karenakan mudah kotor dan harus di buang, karena jika di biarkan bekas kotoran dan lembab bisa menyebabkan penyakit pada Landak mini
  2. Bila sering mengganti Bedding tentunya akan boros Biaya
  3. Serbuk kayu Sering menyangkut pada Duri Landak mini
  4. Bisa menusuk Hidung, Mata, dan Bagian sensitif Landak mini
  5. Jika potongan serbuk terlalu kasar maka bisa menyebabkan luka pada Landak mini dan Luka ini dapat menyebabkan Landak mini terinfeksi.
  6. Jika anda telah bosan memakai Serbuk kayu dikarenakan membuat kandang Lanmin anda kotor, anda bisa beralih ke Pellet Kayu. Pellet Kayu adalah pilihan Bedding teraman untuk landak mini


2. Menggunakan Pellet kayu


Pellet kayu untuk Bedding Landak mini

Sebenarnya ini sama saja kok juga terbuat dari Pohon pinus / pinus jati, tetapi Pellet ini telah melalui proses pengeringan yang sangat panjang dan di proses menjadi pellet seperti ini, Sehingga kandungan Phenol nya hampir sama sekali tidak terkandung di dalamnya.

Berikut kelebihan menggunakan Pellet kayu bermerk:

  1. Dikarenakan mempunyai bentuk yang besar jadi Pellet kayu sangat Aman untuk Landak mini anda, Pellet kayu tidak akan menyangkut pada Duri landak mini
  2. Pellet kayu juga mempunyai kelebihan yang bisa menyerap bau yang tidak sedap
  3. Pellet kayu Ini lebih ekonomis, jika bentuk nya telah berubah menjadi bubuk, maka anda dapat menyaringnya, jadi Serbuk yang masih dalam bentuk pellet masih dapat anda gunakan lagi, dan yang sudah menjadi bubuk di buang saja. Pellet kayu bisa bertahan kurang lebih kira-kira sampai 5 bulan
  4. Dapat membuat kandang Landak mini tetap kering, itu karena setiap pellet yang terkena Air maka akan berubah menjadi bubuk kayu, dan tetap tidak basah

Kekurangan dari Pellet kayu yaitu Harga nya yang begitu mahal dan jarang di temui di Minimarket/supermarket di indonesia, dan juga Kekurangan nya Landak mini akan merasa tidak nyaman, sulit berjalan di dalam nya di karenakan bentuknya yang sedikit lebih besar dari serbuk/bubuk kayu.

Belum ada Komentar untuk "Tips Sebelum memilih Bedding untuk Landak Mini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel